Sejarah Susunan Huruf Di keyboard Komputer

by - Januari 05, 2012


Keyboard Komputer. Yup, siapa sih yang nggak tahu alat ini. Mungkin cuma orang yang hidup di jaman purbakala kali yang nggak tahu keyboard komputer. Heheheee. Tapi kamu memperhatikan nggak kawan, kenapa susunan huruf dalam keyboard mesin ketik, computer kamu “QWERTYUIOP”, “ASDFGHJKIL” dll. Terus kenapa nggak dibuat secara berurutan seperti “ABCDEFGHIJKLMNO” dan seterusnya ya? Yuk, kita cari tahu.


Begini ceritanya kawan, asalnya keyboard itu ternyata sudah diciptakan sejak tahun 1860 oleh eyang Sholes dan Dunsmore. Awalnya mereka membuatnya berurutan sesuai abjad. Namun, lama kelamaan seiring dengan meningkatnya kemampuan, kecepatan mengetik menjadi lebih cepat padahal mekanisme mesin saat itu masih sederhana. Nah akibatnya, tombol tertentu menjadi sering macet dan menghambat pekerjaan, kawan.

Semakin berjalannya waktu, teknologi semakin berkembang pesat dan masalah tombol keyboard yang sering macet sudah teratasi dengan desain mekanik yang lebih baik. Sejumlah desain keyboard alternatif juga mulai bermunculan di masyarakat. Salah satu yang cukup populer adalah Dvorak Simplified Keyboard (DSK) yang dibuat oleh August Dvorak tahun 1936. Dvorak Simplified Keyboard (DSK) adalah jenis keybord yang sekarang kita pakai, kawan. Desain itu diklaim merupakan desain yang lebih efisien dan cepat lho.

Susunan huruf “QWERTY” sebenarnya punya banyak kelemahan lho, salah satunya adalah membuat tangan kiri kamu overload terutama ketika menulis dalam bahasa Inggris. Huruf “QWERTY” juga membuat kelingking kamu overload. Penelitian memberitahukan kalau penyebaran huruf nggak merata jadi jari kamu harus menyeberang dari baris ke baris. Tapi orang tetap suka dengan susuanan huruf “QWERTY” walaupun desain tersebut bukan desain yang terbaik. Kita bisa lihat sendiri walaupun teknologi semakin maju, orang tetap bertahan dengan desain “QWERTY” bukannya desain lain yang lebih sempurna. Nah, hebatnya lagi “QWERTY” malah dinobatkan menjadi standar internasional di tahun 1966 lho.

You May Also Like

0 komentar

Postingan Populer